13 Januari 2009

Pulau Sapudi


Pulau ini berada di sebelah timur pulau Madura dan di sebelah utara kota Situbondo Jawa Timur. Untuk menuju ke pulau ini dapat melalui beberapa akses masuk. Bisa kita lewat Pelabuhan Kalianget yang ada di Kabupaten Sumenep atau juga Pelabuhan Dongkek yang juga masih ada di Sumenep atau juga kita bisa melalui pelabuhan Situbondo. Melalui Kalianget kita bisa naik kapal perintis yang biasanya berlayar setiap hari Kamis berangkat sekitar pkl. 8.00 pagi atau bisa juga naik perahu kecil yang biasanya bermuatan sekitar 50 orang, perahu ini berangkat sekitar pkl.12.00 siang. Setelah melalui perjalalanan laut sekitar 3 jam kita akan tiba di dermaga Tarebung kalau naik kapal perintis sedangkan jika naik kapal perintis kita turun di dermaga Gayam. Apabila kita melalui pelabuhan Dongkek kita bisa tempuh hanya 2 jam. Bagi yang suka tantangan mungkin akan lebih mengasyikkan jika kita lewat pelabuhan Dongkek karena dari sana kita akan naik kapal yang ukurannya lebih kecil dan merasakan hantaman - hantaman ombak yang terasa begitu mendebarkan hati.
Pulau berpenduduk sekitar 1500an KK ini terbagi dalam dua wilayah kecamatan yaitu kecamatan Gayam dan Kecamatan Nunggunong. Pekerjaan kebanyakan dari penduduk di sini adalah nelayan, pedagang dan banyak juga yang merantau ke daerah lain seperti Situbondo, Surabaya, Bali dan bahkan Jakarta.

Penduduknya yang ramah-ramah membuat kita betah berada di pulau yang masih sangat alami dan belum terkontaminasi dengan budaya dari luar ini. Hanya yang perlu disayangkan adalah bahwa pihak Pemda Sumenep belum mau serius untuk menggarap potensi wisata alam Pulau Sapudi. Sehingga kita sulit sekali untuk menemukan sarana sebagaimana layaknya sebuah tempat wisata seperti sarana penginapan, rumah makan dan transportasi yang memadai.

1 komentar: